Wednesday, 05 Oct 2022
  • Welcome To UPTD SMP Negeri 1 Mangkutana

Pelajar UPTD SMPN 1 Mangkutana Ikut Serta dalam Pemecahan Rekor MURI SKJ Pelajar 2022

Mangkutana, Luwu Timur – Ratusan pelajar UPTD SMPN 1 Mangkutana ikut serta dalam pemecahan rekor MURI Senam Kesegaran Jasmani yang diselenggarakan secara virtual secara serentak di semua Provinsi dan kabupaten kota se-Indonesia yang dipusatkan di Plaza Utara GBK, jakarta 27 Agustus 2022.

rekor muri skj pelajar

Rekor baru untuk peserta terbanyak dalam satu kali event Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) pelajar resmi tercatat dalalm rekor baru di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Tercatat dalam kegiatan serentak di Seluruh Indonesia Kemenpora Zainudin Amali, 27 Agustus 2022 melaunching kegiatan SKJ untuk 2.713.000 peserta yang ikut dalam pemecahan rekor tersebut.

Sebelum acara senam secara serentak dimulai, Menpora dengan penuh dedikasi memberikan penghargaan kepada Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) atas partisipasi memeriahkan kegiatan ini.

Sejak tahun 1984 pertama kali SKJ diperkenalkan di Indonesia namun mulai redup kini melalui ide kreatif Menpora SKJ dihidupkan kembali.

Dia menyebut kegiatan ini sebagai relaunching dan dia juga merasa masih kangen dengan suasana SKJ saat itu.

Standar pembelajaran ditentukan kebugaran dari siswa di sekolah, generasi muda harus menjadi sehat dan tangguh dan bisa diandalkan.

Sebab pembangunan SDM tidak mungkin sebagian masyarakat jadi ini akan dilakukan secara terus menerus dan menjadi tugas bersama mendesain secara nasional membuat masyarakat bugar agar menghasilkan talenta-talenta muda berprestasi.

Dengan melakukan launching kembali SKJ kemenpora akan melakukan kolaborasi bersama kemendikbud mendesain pendidikan olahraga nasional.

“Kita akan sama-sama dorong ini oleh karena itu dorong bersama SKJ dan berharap dilakukan secara masif dan terinformasi. Saya minta agar igornas melakukan laporan dan pantauan di daerah agar SKJ ini berjalan dengan baik,” ungkap Menpora.

Dalam laporannya yang diikuti oleh seluruh peserta secara virtual dan langsung di seluruh Indonesia Deputi pembudayaa olahraga Kemenpora, Raden Isnanta melaporkan sebelum launching tercatat ada 300 lebih Kabupaten Kota yang sudah masuk ikut dalam kegiatan dari 405 Kabupaten Kota yang terdaftar.

Sementara untuk instruktur secara nasional ada sekitar 3146 instruktur dari Aceh hingga Papua yang secara masif sudah mensosialiasaikan dan dinikmati kurang lebih sekitar 2.713.000 siswa yang ikut meramaikan kegiatan tersebut.

Pemecahan rekor ini mulai dari pelajar SD hingga SMA/SMK seluruh Indonesia yang dilakukan secara serentak. Senam membuat siswa menjadi bugar juga medongkrak karakter yang kini disiapkan mulai dari SD hingga SMA.

Dalam SKJ pelajar 2022 ini mengangkat thema “Bugar Indonesia dengan motto Solid, Dasyat dan Luar Biasa.

Kegiatan yang dilakukan di lapangan olahraga SMPN 1 Mangkutana dihadiri oleh Kepala UPTD SMPN 1 Mangkutana beserta dengan segenap guru dan staff.

Kegiatan berlangsung begitu meriah dengan gerakan yang seirama saat senam SKJ berlangsung, para siswa, guru olahraga, guru di sekolah dengan begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Lapangan  SMPN 1 Mangkutana penuh sesak, peserta memenuhi setiap sudut lokasi yang sudah diaatur sedemikian agar peserta dapat bergerak leluasa saat ikut senam.

Kepala SMPN 1 Mangkutana Adam Malik, S. Pd. mengungkapkan kegiatan Senam Kesegaran Jasmani yang di luncurkan secara serentak se-Indonesia hari ini, pukul 10.00 WITA sangat positif bagi murid dan guru.
Kegiatan ini sekaligus dirangkaikan dengan launching gerakan SPENTANA membawa TUMBLER dengan Motto “ Sekolah Kusayang, Sampah Kubuang”.

#Spentana

#SekolahPenggerakLutim

Post Terkait

1 Komentar

Ikawati, S.Or, Saturday, 27 Aug 2022

Keren…. SPENTANA menginspirasi penggerak 👍

Reply

KELUAR