Friday, 19 Jul 2024
  • Selamat datang di Website SMP Negeri 1 Mangkutana
  • Selamat datang di Website SMP Negeri 1 Mangkutana

DEKLARASI PROGRAM SENANDUNG (SEKOLAH AMAN DAN NYAMAN TANPA PERUNDUNGAN) UPT SP SMPN 1 MANGKUTANA


Dengan melakukan penandatanganan Komitmen bersama oleh semua GTK dan Murid (Warga Sekolah)

Pada hari Rabu, 6 September 2023 UPT SP SMPN 1 Mangkutana menyelenggarakan Deklarasi Program Sekolah Aman dan Nyaman Tanpa Perundungan (SENANDUNG) dengan melakukan penandatanganan Komitmen bersama oleh warga sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Upacara UPT SP SMPN 1 Mangkutana. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh stakeholder Sekolah, baik itu Guru, Tenaga Kependidikan, peserta didik, dan pihak kantin.
Program ini diinisiasi oleh Bapak Adam Malik, S.Pd. selaku Kepala UPT SP SMPN 1 Mangkutana dan Bapak Irmal Gunawan, S.Pd., Gr., M.Pd. selaku ketua Tim Pelaksana Sekolah Aman dan Nyaman Tanpa Perundungan (SENANDUNG).

Program SENANDUNG adalah program yang dilatarbelakangi oleh maraknya catatan-catatan pelanggaran oleh peserta didik, sehingga tim inovator berupaya untuk menghadirkan sebuah program yang nantinya output dari program tersebut dapat menurunkan grafik perundungan di Sekolah.

Kegiatan Launching Program SENANDUNG di awali dengan kata sambutan oleh kepala UPT SP SMPN 1 Mangkutana Bapak Adam Malik, S.Pd. dan dalam sambutannya Bapak Adam Malik menyampaikan bahwa “Agar setiap stakeholder bekerjasama dalam memaksimalkan kegiatan, tentu dengan harapan bahwa perilaku perundungan yang selama ini terjadi di kalangan peserta didik dapat menurun dengan signifikan”. Lanjutnya “kegiatan ini akan dievaluasi per 3 bulan guna mengetahui sejauh mana keberhasilan dan apa saja kendalanya selama proses penerapan Program SENANDUNG”.

Di lain kesempatan inovator kedua dan juga sebagai Koordinator Guru Penggerak Kabupaten Luwu timur yaitu Bapak Irmal Gunawan, S.Pd., Gr., M.Pd. juga terlibat langsung dalam program ini sebagai Ketua Tim Pelaksana SENANDUNG juga menyampaikan bahwa program ini tidak akan berhasil tanpa kerjasama setiap pihak karena setiap program yang dibuat oleh sekolah sejatinya berasal dari berbagai aspirasi stakeholder atas dasar itulah sehingga keberhasilan kembali tergantung pada proses kerja sama secara berkelanjutan.

Di Akhir acara, dilakukan penandatanganan Komitmen dan foto bersama oleh seluruh GTK, Peserta didik,, dan stakeholder sekolah.

*)Contibutor: Arnianti, S. Pd & Fadhlurrahman AS, S. Pd

Another Article

This article have

0 Comment

Leave a Comment

 

Berita Edukasi

Perangkat Pembelajaran